Tujuan Belajar Administrasi


Hai Guys,


Salam sejahtera selalu ...hari ini saya mau shering tentang pelajaran yang saya ajarkan kepada siswa-siswi yang saya ajar. Kata Administrasi itu hal sering kita dengar baik di lingkungan keluarga, organisasi, dan perkantoran.
Apa yang dimaksud dengan administrasi perkantoran? Pengertian Administrasi Perkantoran adalah serangkaian aktivitas rutin di dalam suatu organisasi yang berhubungan dengan pengelolaan data dan informasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut secara sistematik.

Secara etimologi kata Administrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Ad yang artinya intensif dan ministrare atau dalam bahasa Indonesia berarti membantu, melayani, atau memenuhi.


Definisi administrasi perkantoran dalam arti sempit adalah semua kegiatan teknis dan punya peranan pokok dalam pelaksanaan kegiatan operatif, menyajikan laporan pada direksi, serta berperan dalam menciptakan organisasi perusahaan yang lebih efektif.

Sedangkan dalam arti luas, administrasi perkantoran dapat diartikan sebagai aktivitas perencanaan, mengorganisir, mengarahkan, menyelenggarakan, serta mengawasi berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan ruang lingkup di kantor dan tata usaha yang tertib. Ternyata luas juga arti administrasi. 

Tujuan Administrasi Perkantoran :

Seperti yang disebutkan pada pengertian administrasi perkantoran di atas, secara umum tujuan dari proses manajemen perkantoran ini adalah agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien serta memenuhi syarat dari sisi teknis, ekonomi, dan psikologis.
  • Teknis; memiliki manfaat dan daya guna.
  • Ekonomis; harganya pantas atau sesuai dengan yang seharusnya.
  • Psikologis; memberikan kepuasan.
Berikut ini adalah tujuan administrasi perkantoran secara lengkap:
  1. Menyediakan data dan informasi secara lengkap kepada pihak-pihak yang membutuhkan untuk pelaksanaan tugas organisasi secara efektif dan efisien.
  2. Melakukan pengawasan pekerjaan kantor dan administrasi agar dapat memastikan terlaksananya standar kualitas, tenggat waktu, serta prosedur yang tepat.
  3. Menerapkan kebijakan perusahaan atau departemen dan memberikan standar pelayanan dalam kaitannya dengan manajemen.
  4. Berdiskusi dengan karyawan mengenai prestasi kerja untuk mengidentifikasi masalah dan penyebabnya, serta berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  5. Memberikan pelatihan atau perintah kerja kepada pegawai.
  6. Melakukan verifikasi, pemantauan, serta evaluasi kerja dengan membuat laporan terkait kegiatan produksi, pengiriman, dan penggajian.
  7. Melakukan proses perekrutan karyawan, mulai dari wawancara hingga memilih pegawai.
  8. Menafsirkan dan mengomunikasikan semua prosedur kerja dan kebijakan perusahaan kepada para pegawai.

Nah guys ternyata banyak banget ya tujuan kita belajar administrasi. Administrasi di perlukan di setiap organisasi, komunitas, perkantoran dan dalam suatu negara. Besok kita lanjut bahas lagi yaa.


#dirumahaja
#staysafe
#ssocialdistancing


Semoga Bermanfaat ..... 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis

Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari