Prinsip-Prinsip Organisasi Kantor

Hai Guys,


Siang hari ini walaupun hujan deras, tapi udara tetap panas. Alhamdulillah semua ini adalah anugrah Tuhan untuk kita nikmati. Bayak bersyukur dan ikhtiar tentang keadaan sekarang ini. Gak usah kita pikirkan.. Yuk tetap belajar dan terus menggali ilmu pengetahuan. 

Seperti kemaren kemaren dan kemarennya saya hari ini mau share tentang prinsip-prinsip organisasi kantor. Yuk kita bahas sekarang ....

Agar suatu organisai dapat berjalan dengan baik atau dalam rangka membentuk suatu organisasi uang baik atau dalam usaha menyusun suatu organisasi, perlu kita perhatikan atau pedomani beberapa asas-asas atau prinsip-prinsip organisasi sbb  :


1. Perumusan tujuan yang jelas

Bila kita melakukan aktivitas, maka pertama-tama harus jelas kepada kita apa yang menjadi tujuan aktivitas tersebut. Demikian pula bila kita mengorganisir atau membuat suatu badan maka pertama-tama harus jelas apa yang menjadi tujuan kita. Tujuan adalah hal-hal yang ingin dicapai atau dipelihara baik berupa materi atau nonmateri dengan melakukan satu atau lebih kegiatan (aktivitas). 

Bagi suatu badan, tujuan itu akan berperan sebagai berikut  :

  1. Pedoman ke arah mana organisasi akan dibawa
  2. Landasan bagi organisasi yang bersangkutan 
  3. Menentukan macam aktivitas yang akan dilakukan
  4. Menentukan program, prosedur, kiss me (koordinasi, integrasi, simplikasi, sinkronisasi dan mekanisasi)

2. Pembagian kerja 

Dalam sebuah organisasi pembagian kerja merupakan hal yang mutlak ada, ini untuk menghindari adanya tumpang tindih tugas. Pada akhirnya pembagian ini akan menghasilkan departemen-departemen dan dan job description dari masing-masing departemen dan unit-unit dalam organisasi. Dalam pembagian kerja ini ditentukan tugas serta wewenang masing-masing unit organisasi. 

Ada beberapa dasar yang bisa dipakai dalam pembagian kerja ini :

1. Berdasarkan wilayah atau teritorial, semisal kota atau kabupaten
2. Berdasarkan jenis barang yang diproduksi
3. Berdasarkan konsumen yang dilayani
4. Berdasar fungsi
5. Berdasarkan waktu

3. Delegasi Kekuasaan ( Delegation Of Authority) 

Salah satu prinsip pokok dalam organisasi adalah delegasi kekuasaan (pelimpahan wewenang). Kekuasaan atau wewenang merupakan hak seseorang untuk mengambil tindakan yang perlu agar tugas dan fungsi-fungsinya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Wewenang atau kekuasaan mempunyai berbagai aspek, antara lain wewenang mengambil keputusan, wewenang menggunakan sumber daya, wewenang memerintah, wewenang memakai batas waktu tertentu dan lain sebagainya. 

Delegasi kekuasaan atau pelimpahan wewenang mweupakan keahlian pemimpin yang penting dan elementer sebab dengan delegasi kekuasaan, sesorang pemimpin dapat melipatgandakan waktu, perhatian dan pengetahuannya yang terbatas. Bahkan dapat dikatan, delegasi kekuasaan merupakan salah satu jalan utama bagi setiap pemimpin untuk percaya akan diri sendiri. kesanggupan untuk menerima tanggung jawabadalah ter pertama bagi seorang pemimpin, tetapi keberanian mendelegasikan kekuasaan pada bawahan, merupakan tanda tanya seorang pemimpin yang sukses. 

 
Demikianlah ulasan singkat mengenai prinsip-prinsip organisasi kantor. Ref. informasi ini di dapat buku Administrasi Umum #Sri Endang#Sri Mulyani


#dirumahaja
#staysafe
#ssocialdistancing



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis

Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari