Apa Itu Analisa Jabatan

Hai Guys,

Salam Sehat masih di rumah aja. Hari ini saya mau bahas masih seputar Administrasi, tapi hari ini kita mau bahas tentang Apa itu Analisa Jabatan. Untuk kalian yang sudah bekarja kudu wajib tau tentang analisa jabatan ....

Analisis jabatan adalah suatu kegiatan pengumpulan, penilaian dan penyusunan berbagai informasi secara sistematis yang berkaitan dengan jabatan. Atau definisi analisis jabatan yaitu merupakan kegiatan untuk mempelajari dan menyimpulkan keterangan-keterangan ataupun fakta-fakta yang berkaitan dengan jabatan secara sistematis dan teratur.

Teknis Analisis Jabatan merupakan suatu proses dimana sejumlah pekerjaan dibagi-bagi untuk menentukan tugas dan tanggung jawab yang ada hubungannya dengan pekerjaan, persyaratan apa saja yang harus dipenuhi dimana pekerjaan tersebut dilakukan dan kapabilitas personal yang disyaratkan untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Tujuan dari analisis jabatan ?

Adapun beberapa tujuan analisis jabatan yaitu untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dalam menghadapi perkembangan ekonomi, untuk menciptakan kenyamanan saat bekerja dan supaya terkendali dalam pekerjaan pada suatu perusahaan atau organisasi, yang didalamnya termasuk untuk menentukan :

  • Apa saja yang dilakukan oleh pekerja pada jabatan yang di dudukinya.
  • Apa saja wewenang dan tanggung jawab pekerja pada jabatan yang di dudukinya.
  • Mengapa pekerjaan tersebut perlu dilakukan dan bagaimana cara melakukan pekerjaan tersebut.
  • Peralatan apa saja yang diperlukan dalam menjalankan pekerjaan tersebut.
  • Berapa besar gaji dan seberapa lama jam kerjanya.
  • Pendidikan, pelatihan dan pengalaman apa saja yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan tersebut.
  • Dan kemampuan, sikap apa saja yang diperlukan dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

Manfaat analisis jabatan

Analisis jabatan memiliki banyak manfaat untuk pimpinan suatu perusahaan atau organisasi, salah satunya untuk memecahkan masalah mengenai kepegawaian khususnya yang berkaitan dengan tugas yang harus dilakukan oleh pekerja pada perusahaan tersebut. Adapun beberapa manfaat analisis jabatan, yang diantaranya yaitu :

  • Untuk penarikan dan seleksi tenaga kerja.
  • Untuk penempatan posisi dari tenaga kerja.
  • Untuk menentukan pendidikan maupun pelatihan dari tenaga kerja.
  • Untuk keperluan penilaian kerja.
  • Untuk perbaikan syarat-syarat dalam pekerjaan.
  • Untuk promosi jabatan pada tenaga kerja.
  • Untuk perencanaan organisasi.


Elemen yang terdapat dalam analisis jabatan

Dalam analisis jabatan terdapat 2 (dua) elemen diantaranya Elemen Job Description dan Job Specification, yang sebagai mana penjelasannya seperti dibawah ini :

1. Job Description

Job Description merupakan suatu catatan yang sistematis mengenai tugas maupun tanggung jawab pada jabatan tertentu, ditulis berdasarkan fakta yang telah ada dan penting sekali untuk dibuat yang nantinya akan berguna untuk :

  • Untuk menghindari terjadinya perbedaan pemahaman.
  • Untuk menghindari terjadinya pekerjaan yang rangkap.
  • Dan Untuk mengetahui batas-batas tanggung jawab maupun batas wewenang pada setiap jabatan yang diduduki oleh pekerja.

Adapun beberapa hal yang harus dicantumkan didalam Job Description, biasanya seperti di bawah ini  :

  1. Menidentifikasi jabatan, misalnya seperti: Nama dari jabatan, bagian jabatan dan kode jabatan yang ada didalam perusahaan tempat bekerja
  2. Penjelasan mengenai jabatan yang diduduki.
  3. Mengenai tugas yang dikerjakan pada jabatan tersebut.
  4. Mengenai hubungan dengan jabatan lain.
  5. Pengawasan yang perlu dilakukan.
  6. Peralatan yang digunakan atau diperlukan pada jabatan tersebut.
  7. Dan keadaan lingkungan tempat bekerja.

2. Job Specification

Job Specification merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pekerja yang akan menduduki suatu jabatan, supaya dia dapat melaksanakan pekerjaannya dengan maksimal. Adapun beberapa hal yang perlu dimasukan kedalam Job Specification, diantaranya seperti dibawah ini  :

1.  Yang pertama, persyaratan mengenai minimal pendidikan, pelatihan dan pengalaman        kerja yang dimiliki.
2.  Yang kedua, persyaratan mengenai wawasan dan kemampuan apa saja yang dimiliki.
3.  Yang ketiga, persyaratan mengenai jenis kelamin dan umur.
4.  Dan yang terakhir persyaratan mengenai kesehatan seperti keadaan fisik dan mental.

Demikian penjelasan mengenai pengertian analisis jabatan, semoga penjelasan ini memberikan informasi bagi kamu-kamu yang bekerja di sebuah perusahaan besar. Semoga bermanfaat untuk kita semua yaa..


#dirumahaja
#staysafe
#socialdistancing






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis

Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari