Silahturahmi


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh ...

Masih di rumah aja, hari ini saya mau membahas tentang silahturahmi. Kalo denger kata ini pasti gak asing lagi. Tapi tau gak sih makna silahturahmi ini ???? Silahturahmi itu makna sangat dalam lho ...


Silaturrahmi adalah istilah yang cukup akrab dan populer di kalangan umat Islam sehari-hari, namun pada hakekatnya istilah tersebut merupakan bentukan dari bahasa Arab dari kata silaturrahim, dan istilah silaturrahim ini berasal dari dua kata berikut  : memiliki arti peranakan.

Silaturahmi adalah tradisi yang saling berhubungan atau mengundang bagi saudara, kerabat, atau sahabat agar hubungan kekeluargaan, kekerabatan, dan persahabatan tidak terputus.

Arti Silaturahmi (baca silaturahim) secara umum adalah  : Menghubungkan tali kekerabatan, atau menghubungkan kasih sayang dengan cara saling berhubungan membandingkan melawan saudara atau anggota keluarga sendiri melawan tetangga atau saudara seiman.

Di antara bentuk taqarrub yang paling berharga, ketaatan yang paling agung, memiliki kedudukan yang paling tinggi, keberkahan yang agung, mendatangkan manfaat yang besar dan lengkap di dunia dan akhirat adalah sliturrahim.

Dan Allah Subhanahu wa ta'ala telah mewasiatkan para hamba untuk menjalankan silaturahim, dan wasiat untuk bersilatu rahim ini dibarengkan dengan wasiat untuk bertaqwa. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang berarti :

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu memperhatikan dan menganggap kamu. (QS. Al-Nisa ': 1).

Jenis Silaturahim Menurut Persfektif Islam

  1. Silaturahim Umum, yaitu silaturahim karena persatuan agama. Silaturahim ini wajib dilakukan dengan menunaikan hak dan kewajiban yang baik yang berlaku fardhu atau anjuran (sunnah). Silaturahim ini dilakukan dengan cinta dan kasih, saling menasehati, amar makruf nahi munkar dan lain-lain.
  2. Silaturahim Khusus, yaitu silaturahim untuk kerabat, ibu bapak, saudara kandung, kakek nenek, paman, cucu dst. Silaturahim ini dilakukan dengan memberikan perhatian kepada mereka, membantu moril dan materil, santun dan semua sikap yang memberikan pencerahan dan kemaslahatan mereka.
  3. Silaturahim dengan kerabat non muslim, dengan cara memberikan kebajikan dan menerima ihsan. Suatu saat Asma binti Abu Bakar menerima hadiah dari berasal Qatilah, namun Asma menolak hadiah tersebut karena masih musyrik. Melihat kejadian ini Aisyah bertanya kepada Rasulullah saw. Kemudian turunlah ayat 8 surat al-Mumtahanah (Allah tiada melarang kamu untuk mendukung baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu.

Tips Mempererat Hubungan Silaturrahmi

  1. Mendahulukan Sanak Famili yang terdekat dalam semua keunggulan, terutama orang tua. Orang tua adalah kerabat terdekat yang memiliki layanan tidak terhingga dan terima kasih sayang yang besar haruslah anak yang bertanggung jawab, setujui dan lakukan dengan baik untuk kedua orang tua. Kedua orangtuanya berhak mendapat bantuan baik di dunia belum menerima kesyirikannya. Jika mereka faqir maka harus kitalah yang membantunya kali pertama. Kemudian saudara-saudara kita seperti paman dan bibi baru setelah itu orang lain yang seiman.
  2. Mengingat Kebaikan Sanak Famili kita, tanpanya mungkin kita tidak akan berarti.
  3. Menghafal Nasab dan seluruh nama-nama saudara kita, dari mulai kakek dan nenek ke atas hingga keturunan mereka. Untuk hal ini, mari kita buat diagram silsilah keluarga agar dapat diterima oleh generasi berikutnya. Mereka tetap melanjutkan tali silaturrahmi setelah kita tiada (meninggal).
  4. Jangan menyakiti, menzhalimi dan melakukan buruk untuk sanak-famili kita. Sebaiknya kita-lah yang menjadi solusi untuk memecahkan segala masalah mereka.

Nah Guy maknanya dalam kan silahturahmi ini. Materi diatas saya kutip dari salah satu artikel #majalah islam di tahun 2015# semoga bermafaat buat kita yaa....


#dirumahaja
#staysafe
#ssocialdistancing


Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis

Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari