Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari

Hai Guys,

Apa kabar hari ini ???? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat-sehat semua. Walaupun covid 19 masih keluyuran disani sini kita tetap aja harus cerdas dab tetap belajar yaa. Seperti janji saya kemaren mari kita lanjutkan membahas tentang Administrasi. 

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran  ?
Seorang administrator bertanggungjawab dalam perencanaan kerja bagi pegawai, pengawasan pegawai, serta meminta pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan atau perbaikan peralatan kantor yang sudah ada.

Berikut ini adalah Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran selengkapnya:

1. Aktivitas Kantor
Beberapa aktivitas kantor yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi perkantoran diantaranya:

Perencanaan Perkantoran (office planning)
Pengorganisasian Perkantoran (office organizing)
Pengarahan Perkantoran (office actuating)
Pengawasan Perkantoran (office controlling) 

2. Sarana/ Fasilitas Kerja Perkantoran
Beberapa sarana/ fasilitas yang termasuk di dalam ruang lingkup administrasi perkantoran adalah:

Lokasi kantor
Gedung
Peralatan
Interior
Mesin-Mesin Kantor

Fungsi Administrasi Perkantoran itu apa ?
Secara umum ada lima fungsi administrasi perkantoran dalam kaitanya dengan operasional suatu organisasi. Berikut ini adalah uraian fungsi administrasi perkantoran tersebut  :

1. Fungsi Rutin, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan.

2. Fungsi Teknis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan, serta keterampilan perkantoran yang mumpuni.

3.Fungsi Analis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan cara berpikir kritis dan kreatif serta kemampuan memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat.

4. Fungsi Interpersonal, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan analisis dan penilaian sebagai dasar dalam memutuskan sesuatu serta keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

5. Fungsi Manajerial, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, memberikan motivasi.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai ruang lingkup, dan fungsi administrasi perkantoran. 

#dirumahaja
#staysafe
#socialdistancing


Semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis