Makna dan Arti Ta'aruf#part-1


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh .....


Selamat malam temen dan sahabat semua. Dimalam yang sunyi ini saya ingin membahas mengenai arti dan makna ta'aruf. Senang rasa nya bisa berbagi cerita dan pengalaman mengenai ta'aruf. Nah, untuk  kamu sahabat yang ingin tahu lebih jauh tentang ta'aruf dan bagaimana tata cara ta'aruf yang benar-benar sesuai dengan syariat islam, yuk kita bahas  mengenai apa sih ta'aruf itu  ?

Ta'aruf bisa diartikan dengan mengenalkan diri, mengenal baik, juga berkenalan dengan orang lain.Intinya adalah ta'aruf merupakan interaksi yang dilakukan antara dua orang atau lebih dengan bantuan maksud atau tujuan tertentu. Jadi, bahasa resmi ta'aruf sebenarnya luas karena bisa dibicarakan persaudaraan, pertemanan, pernikahan, dan lain sebagainya.

Nah, ta'aruf yang selama ini banyak dikenal oleh masyarakat muslim yang ada di Indonesia adalah ta'aruf yang diminta dengan dunia percintaan. Ya, dunia percintaan memang selalu menjadi topik yang menarik dalam kehidupan masyarakat, terlebih lagi jika dilihat dalam sudut pandang islam.
Ta'aruf dalam hubungan percintaan bisa diartikan sebagai proses perkenalan yang mendukung agama yang disebut perkawinan jenjang. Bukan hanya ingin berkenalan, Hanya saja iseng-iseng dalam mencari jodoh, lebih dari itu ta'ruf menjadi sangat beruntung karena sang pecinta memiliki niat yang suci.
Apa sih perbedaan ta'aruf dan pacaran ?
Antara ta'aruf dan pacaran tentu saja berbeda. Dimana, ta'aruf merupakan proses perkenalan untuk menuju jenjang pernikahan sedangkan pacaran umum untuk saling mengenal antar lawan jenis yang awalnya tidak dilandasi dengan komitmen untuk menikah. Dimodusi bebas dengan syahwat seks bebas.
Jika sudah berhasil proses pacaran lama dan apakah cocok barulah mereka melangsungkan pernikahan.
Ta'aruf dalam islam tentu sangat disukai dibandingkan dengan pacaran karena dalam islam hukum pacaran itu haram . Ya, seperti yang telah dibuktikan bersama tentang pacaran merupakan kegiatan yang diminta zina jadi dikeluarkan oleh agama islam.
Dalam proses ta'aruf akan ada pihak ketiga yang menemani proses ta'aruf tersebut adalah mahramnya sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang buruk, selain itu juga terkait dengan pacaran yang seringnya diperbuat dengan baik sehingga dapat membantu untuk memindahkankan diri pada zina.
Memang tidak semua pacaran itu buruk seperti pacaran bagi mereka yang telah menikah , ada pula pacaran pemuda-pemudi yang belum menikah, pacaran memang memiliki lebih banyak mudhorotnya dari Manfaatnya.
Jika dilihat dari lama, tentu saja prinsip dari ta'aruf dalam islam lebih cepat baik .
Jika kedua calon mempelai sudah siap dan sama-sama mantap, maka pernikahan akan segera digelar. Namun, jika ada salah satu pihak yang tidak cocok, maka mereka hanya sampai pada proses ta'aruf saja.
Nah, untuk pacaran sendiri lama memang tidak terbatas karena sebagian besar tidak ada komitmen untuk menikah. Jadi, bisa pacaran 1 bulan, 5 bulan, 1 tahun, dan lain sebagainya.
Kenapa Ta'aruf lebih indah dari pacaran ?
Banyak sekali manfaat ta'aruf yang dapat kamu peroleh dari proses pacaran yang lebih banyak mendatangkan kemaksiatan. Nah, berikut ini akan disajikan Manfaat dari keuntungan dari ta'aruf yang mungkin tidak pernah Kamu sadari.
  1. Terhindar dari zina

Ta'aruf merupakan sarana untuk menghindarkan Kamu dari hubungan zina atau antar-duaan di tempat yang sepi karena dalam proses ta'aruf terkait laki-laki dan perempuan bertemu secara diam-diam tanpa ada pendamping.
  1. Lebih adil

Saat ta'aruf berlangsung saling bertukar informasi tentang kelebihan dan juga kekurangan masing-masing tanpa ada yang harus ditutup-tutupi. Pihak keluarga pun saling bertanya akan hal tersebut. Jadi, tidak akan ada kebohongan dan pastinya lebih adil.
  1. Lebih efektif

Selama proses ta'aruf terjadi informasi antara kedua belah pihak dalam waktu yang singkat tidak perlu untuk jalan-jalan layaknya orang yang berpacaran. Hal inilah yang menggantikan ta'aruf yang dianggap lebih efektif dibandingkan dengan pacaran.
  1. Prosesnya cepat

Yak butuh waktu lama dalam proses ta'aruf, jika semua sudah cocok, maka akan dilanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu lamaran dan selanjutnya diterima. Namun, jika tidak cocok maka tidak ada kata yang terselesaikan, bisa dihentikan pada proses ta'aruf saja dan tidak menimbulkan permusuhan. Tentu saja hal ini berbeda dengan pacaran yang berakhir dengan permusuhan jika sudah berakhir.

Subhanallah, seru juga nih kita membahas makna dan arti ta'aruf, gak terasa mata udah kedap-kedip nih cerita tentang ta'aruf. Gimana kalo kita cerita lagi besok yaaa sis, di part#2. Berhubung jam sudah menunjukkan dini hari, maka saya akhiri cerita-cerita tentang ta'aruf.

#dirumahaja
#staysafe
#ssocialdistancing


Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ...







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis

Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari