Peranan Pendidikan Keluarga

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh ...

Selamat Malam Sahabat dan Kolega ...
Work From Home
Masih Di Rumah Aja


Hari ini saya mau membahas mengenai peranan pendidikan keluarga. Sebelumnya saya mau tanya Apa sih sebenarnya pendidikan itu ? Menurut saya pendidikan sangat luas artinya. Salah satu yang pasti adalah suatu pola pembelajaran yang kita dapat dari orang lain untuk kehidupan kita sehari-hari menurut norma-norma yang ada. Itu menurut saya. Gimana menurut kamu ?

Manusia ketika lahir di dunia dalam keadaan lemah, tanpa pertolongan orang lain, terutama orang tuanya, kita tidak bisa berbuat banyak tanpa orang tua kita. Orang tualah yang pertama-tama memberikan pendidikan untuk kita. Oleh sebab itu pendidikan tertua adalah pendidikan pendidikan keluarga. Ayah dan Ibu didalam keluarga adalah guru dan pendidik bagi anak-anaknya. Karena dalam keluarga, anak pertama kali berkenalan dengan nilai dan norma.

Banyak sekali hambata-hambatan dalam pendidikan keluarga, contohnya :
1. Anak kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua
2. Pigur orang tua yang tidak mampu memberikana keteladanan pada anak-anaknya
3. Sosial ekonomi keluarga yang kurang atau sebaliknya yang tidak bisa menunjang belajar
4. Kasih sayang orang tua yang berlebihan sehingga cenderung untuk memanjakan anaknya
5. Orang tua yang tidak memeberikan rasa aman pada anak-anaknya
6. Orang tua yang tidak bisa memberikan kepercayaan kepada anak
7. Orang tua yang tidak bisa membangkitkan inisiatif dan kreatifitas pada anaknya

Dari hambatan-hambatan diatas maka keluarga yang harmonis adalah keluarga yang mampu memancarkan keteladanan kepada anaknya, dengan demikian akan lahir anak yang memiliki kepribadian dengan pola yang mantap. Masalah kemampuan ekonomi, broken home, kurang kontrol orang tua merupakan penghambat belajar dan daya pikir anak. 

Semoga anak-anak kita merupakan harapan kita di masa depan. Tugas orang tua itu tidak pernah ada sekolahnya, "kata-kata itu saya kutip dari Pak Tono yaitu Direktur Hotel Horison Bekasi". Menjadi orang tua adalah sebuah pengalaman hidup setiap keluarga. Tidak pernah ada yang sama pendidikan keluarga itu. Kita di didik oleh orang tua dan ketika kita menjadi orang tua pasti ada perbedaan yang kita lakukan untuk keluarga kita. Disitulah peranan keluarga dalam membina dan membesarkan anak-anak kita. Selalu berusaha yang memberikan yang terbaik. Kita harus jeli akan pendidiakan anak-anak kita. Pikirkan apa baik menurut kita belum tentu baik menurut anak-anak kita. Disini peranan kita sebagai orang tua di uji untuk bisa memahi karakteristik anak-anak kita. Jadilah orang tua yang bisa menjadi teman, sahabat dan soulmate. 

So Guys, mari kita belajar menjadi orang tua yang berhasil menghantarkan cita-cita dan keinginan mereka. Dengan doa dan support kita selalu ada untuk anak-anak kita. Susah senang, berhasil atau tidak, sukses atau tidak sukses kita selalu ada untuk mereka.




Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ...









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis

Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari