Untuk Apa Sholat Istikharah ?


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh ...


8 April 2020 - 

Sore ini nonton acara di TV ini nya berita tentang covid 19 aja. Sedih rasanya mendengar banyak saudara kita yang meninggal dan tidak dapat tertolong karena covid 19. Upaya pemerintah seolah - olah tidak mempengaruhi tentang penyebab berhentinya wabah ini. Kadang saya berfikir kok sempet-sempetnya si pemerintah membahas tentang cuti bersama ! Pleaseeee deh coba bahas dulu gimana para ilmuwan kedokteran dan para peneliti untuk mencari obat penawarnya. Lho kok jadi bahas covid 19 yaa. Suka emosi tingkat dewa kalo udah denger tentang cobid 19. Subhanallah Allah Maha Besar. 

Hari ini saya mau bahas tentang sholat istikharah. Untuk apa sih kita sholat istikarah ? Akhirnya saya mencari sumber informsi yang akurat mengenai sholat istikharah. Akhirnya saya dapat info ini dari website tentang agama-agama islam. Di web ini saya mempelajari apa arti sholat istikharah.

Shalat istikharah adalah salah satu sholat sunnah yang harus kita ketahui. Dimana sholat ini dilaksanakan jika kita tengah menghadapi suatu pilihan. shalat istikharah adalah salah satu upaya agar kita mampu memilih suatu pilihan dengan benar dan sesuatu yang terbaik di sisi Allah SWT.

Ketika Harus Memilih ??

Secara manusiawi kita senantiasa dihadapkan pada berbagai pilihan. Adakalanya ketika kita harus memilih pilihan-pilihan yang sifatnya mendesak dan penting atau pilihan-pilihan yang sifatnya sederhana, yang pasti berbagai pilihan itu senantiasa ada dan mengiringi perjalanan hidup kita.

Maka ada sebuah tuntunan dan tuntutan mana kala kita dihadapkan pada proses pemilihan tersebut. Allah telah menggambarkan sebuah pilihan umum didalam hidup manusia dengan penggambaran antara yang haq (kebenaran) dan bathil (kejahatan).

Pemilihan antara haq dan bathil ini adalah sebuah mekanisme abadi yang senantiasa mengiringi perjalanan hidup manusia. Tidak terkecuali disemua hal, bahkan hingga hal-hal yang seringkali kita anggap remeh.

Karenanya Allah dan Rasul-Nya telah mensyariatkan sebuah tuntunan agar kita tidak salah dan keliru dalam mengambil keputusan. Terutama ketika kita menghadapi berbagai permasalahan yang penting dan mendesak.

Tuntunan cara memilih berdasarkan syar’i ini adalah sebagai wujud kasih sayang Allah atas sifat dasar manusia yang memiliki kelemahan. Dimana kelemahan tersebut adalah kecenderungan manusia untuk ragu dan tidak yakin atas pilihan yang telah ia putuskan.
Allah SWT berfirman,

 ٱلۡحَقُّ مِن رَّبِّكَ‌ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡمُمۡتَرِينَ

Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu. (QS. Al Baqoroh : 147)

Maka tuntunan ini memang sejatinya dibutuhkan oleh manusia sepanjang hidupnya, agar setiap keputusan yang ia ambil senantiasa istiqomah dalam kebenaran. Tuntunan tersebut adalah shalat istikharah sebagaimana yang telah di contohkan dalam sunnah Rasulullah SAW.

Banyak hal yang sering kali menjadi latar belakang dilaksanakannya shalat istikharah diantaranya seperti, memilih pekerjaan, memilih jenjang pendidikan, memutuskan suatu hal untuk kepentingan umat dan lain sebagainya. Salah satu yang paling lazim di gunakan sebagai motivasi mengamalkan sholat ini adalah ketika memilih jodoh.

Memilih jodoh adalah salah satu mekanisme kehidupan yang bersifat sangat krusial. Dimana jodoh bisa mengantarkan kita ke syurga atau bahkan menjerumuskan ke neraka, baik itu di dunia atau pun di akhirat. Karena begitu penting dan agungnya prosesi memilih jodoh ini, maka disyariatkanlah untuk melaksanakan shalat istikharah.

Shalat istikharah adalah sholat yang berjumlah 2 rakaat yang disunnahkan berdasarkan praktek yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sholat ini dilaksanakan manakala menghadapi pilihan-pilihan yang mesti dengan segera diambil keputusan. Keraguan kadang membuat kita perlu arahan yang benar. Gak usah keluh kesahmu kamu curcol dengan orang lain cukup sholat istikarah aja. Insya Allah maka keraguanmu akan terjawab.

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa mampir di https://hasana.id/shalat-istikharah


Semoga cerita tentang sholat istikharah ini memberi manfaat untuk temen-temen semua. Teryata banyak sekali yang belum saya ketahui. Banyak membaca banyak informasi yang didapat.

#dirumahaja
#staysafe
#ssocialdistancing


Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ...

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Penataan Dokumen/File

Contoh Contoh Surat Bisnis

Fungsi Administrasi Untuk Kita Pelajari